Beranda Jogjakarta 10 Objek Wisata Bersejarah Di Jogja Yang Recommended

10 Objek Wisata Bersejarah Di Jogja Yang Recommended

24
0
wisata sejarah jogja
Keraton Jogjakarya, foto:kompas.com
desain web semarang

Kota Yogyakarta dijadikan sebagai salah satu kota Budaya yang ada di Indonesia. Yogyakarta atau lebih sering disebut Jogja ini memiliki beragam destinasi wisata dan  masih dipertahankan. Tidak hanya wisata alamnya, di Jogja juga banyak tempat budaya dan bersejarah yang menjadi ciri khas bagi Jogja sendiri. Tak hanya itu, Jogja juga terkenal dengan sebutan kota Pelajar. Tidak heran jika setiap tahunnya banyak pelajar yang melakukan study tour ke Jogja. Karena banyak sekali unsur sejarah yang bisa dipelajari di kota ini. Selanjutnya akan kami ungkap beberapa objek wisata bersejarah di Jogja.

Objek Wisata Bersejarah Di Jogja Yang Recommended Buat Kamu Kunjungi

Berikut ulasan lengkap mengenai sepuluh objek wisata bersejarah di Jogja yang recommended buat kamu kunjungi apalagi saat liburan

Keraton Jogja

Objek wisata bersejarah di Jogja yang satu ini harus kamu kunjungi saat kamu berada di Jogja. Keraton Jogja merupakan tempat pusat budaya dan pusat pemerintahan. Para pengunjung akan disuguhkan oleh karya seni dan budaya Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Di dalamnya juga banyak benda-benda bersejarah mengenai negeri ini.

- Advertisement -promo booking hotel

Taman Sari

Saat mampir ke Keraton, kurang lengkap bila kamu tidak sekalian berkunjung ke objek wisata bersejarah di Jogja satu ini. Terletak berdekatan dengan Keraton, Taman Sari ini merupakan taman air favorit dari para wisatawan asing. Terbukti dari jumlah wisatawan yang berada dalam Taman Sari lebih banyak wisatawan asing daripada wisatawan lokal. Di dalam Taman Sari terdapat kolam air yang biasanya digunakan mandi oleh keluarga para raja.

Masjid Gede Kauman

Di sekitar Keraton, juga terdapat masjid bersejarah yang perlu kamu kunjungi juga. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Gede Kauman juga digunakan sebagai tempat kegiatan-kegiatan keagamaan seperti grebeg sawal dan grebeg besar.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg

Benteng ini juga masih berdekatan dengan Keraton. Sejarah mengatakan bahwa benteng ini dibangun Belanda sebagai tempat untuk mengawasi gerak-gerik orang Keraton yang pada masa itu membahayakan posisi Belanda.  Banyak terdapat benda-benda peninggalan Belanda yang dapat pengunjung lihat di tempat berasitektur Belanda ini. Kisah perjuangan bangsa Indonesia juga terdokumentasi disini.

Gedung Agung

Gedung ini terletak di depan Benteng Vredeburg. Sebagai Istana Kepresidenan di Jogja, gedung ini menyimpan banyak sejarah. Terlihat dari usianya yang lebih dari 1,5 abad. Dahulu gedung ini dijadikan sebagai pusat operasional sewaktu pemerintahan pindah ke Jogja. Dan sekarang Gedung Agung ini lebih difungsikan untuk kegiatan kenegaraan di Jogja.  Tetapi gedung ini juga difungsikan sebagai museum yang terbuka untuk umum.

Tugu Jogja

Sejauh ini salah satu objek wisata bersejarah di Jogja yang berulang kali melalui proses pemugaran adalah Tugu Jogja. Jadi sudah banyak perubahan dari konsep aslinya yang bernama Golong Giling. Spot foto yang paling bagus ya di Tugu Jogja ini selain di Keraton. Tidak heran jika para pengunjung rela antre berlama-lama demi memperoleh foto yang terbaik.

Stasiun Tugu

Stasiun Tugu ini juga masuk dalam kategori objek wisata bersejarah di Jogja yang recommended untuk kamu kunjungi. Pasalnya tempat ini banyak juga menyimpan sejarah dilihat dari usianya yang lumayan tua juga turut mempengaruhi perekonomian zaman dulu. Pastinya kamu akan menemukan pengunjung di stasiun ini yang suka foto selfie. Karena nuansa di stasiun ini sangat instagramable.

Pabrik Gula Madukismo

Pabrik gula satu ini juga menyimpan banyak sejarah. Terlihat dari usianya yang lumayan tua, pabrik gula ini pada zaman dahulu mampu memproduksi gula secara massif. Walaupun masih beroperasi sampai sekarang tidak menutup kemungkinan pabrik ini menjadi objek wisata sejarah di Jogja yang terbuka untuk umum.

Bintaran

Pada zaman dahulu kompleks ini dihuni oleh mayoritas warga Belanda. Dengan bangunan yang bergaya Eropa, bangunan ini dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan hijau dan subur.

Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan, foto:okezone.com

Objek wisata bersejarah di Jogja yang tidak kalah terkenalnya adalah Candi Prambanan. Semenjak ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, candi ini menjadi semakin dikenal oleh para wisatawan. Budaya dari Jogja sangat tergambarkan melalui candi ini. Tidak heran jika setiap harinya objek wisata sejarah di Jogja satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Jadi Candi Prambanan sangat recommended untuk kamu kunjungi ketika berada di Jogja.

Itulah tadi, beebrapa informasi wisata bersejarah jogja, apabila kamu ingin berwisata backpaker ke jogja, silahkan simak tipsnya di artikel https://paradisonesia.com/8-tips-backpacker-ke-jogja-agar-liburanmu-menyenangkan/

desain web semarang